Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999 (WA), 082141152747
Antusias Taruna/i POLTEKPEL Surabaya Ikuti Kuliah Umum Daring di Tengah Pandemi COVID-19

Antusias Taruna/i POLTEKPEL Surabaya Ikuti Kuliah Umum Daring di Tengah Pandemi COVID-19

Berawal virus corona (COVID-19) yang mulai merabah wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya, semua kegiatan belajar mengajar (KBM) taruna dan peserta diklat Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya dilakukan dari rumah masing-masing dengan metode online. Pemulangan taruna yang bertujuan untuk mengantisipasi penularan COVID-19 didalam asrama dan lingkungan POLTEKPEL Surabaya, dilaksanakan pada 20 Maret 2020 lalu. Penggunaan KBM online yang dilakukan oleh pengajar dan taruna memanfaatkan aplikasi daring yang tersedia selain aplikasi E-Learning milik POLTEKPEL Surabaya.  Hingga pada tanggal 20 Mei 2020 POLTEKPEL Surabaya mengadakan kuliah umum dengan PT. Meratus Line secara online menggunakan aplikasi ZOOM Meeting yang diikuti oleh 928 taruna POLTEKPEL Surabaya dari rumah.

Kuliah umum daring oleh PT. Meratus Line menghadirkan Bapak Andras Setyoko selaku Crewing Manager sebagai narasumber, yang bertemakan “A Career Direction with PT. Meratus Line”. Ka. Bag. Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Eko Nugroho Widjatmoko, MM, M.Mar.E, mengucapkan terima kasih atas kehadiran PT. Meratus Line yang telah berkenan memberikan wawasan kepada taruna yang akan memasuki masa Praktek Berlayar (Prala) meskipun tidak bertatap muka langsung dengan taruna.

Pembahasan kuliah umum kali ini pembangunan karir dengan PT. Meratus Line. Sejarah dan profil perusahaan pelayaran menjadi pembukaan. Bisnis PT. Meratus Line adalah ship management, yaitu bahwa selain memiliki kapal sendiri PT. Meratus Line juga mengelola kapal, baik kapal sendiri maupun kapal-kapal joint operation. Program berlayar kapal PT. Meratus Line tidak hanya pelayaran lokal, melainkan luar negeri pun menjadi destinasi,  diantaranya Afrika Timur, Asia Tengah, dan Asia Timur. Bahkan Bapak Andrean Setyoko menyampaikan, “Kita saat ini sebagai operator sangat mendukung penuh program pemerintah yaitu Tol Laut, yaitu menjembatani pulau-pulau yang ada di Indonesia dengan armada-armada laut”.

Tidak hanya profil perusahaan yang dipaparkan, kiat-kiat karir seorang pelaut pun disampaikan, terlebih lagi di PT. Meratus Line, sebagaimana dengan tema pokok pada kuliah umum. Narasumber mengatakan beberapa hal yang wajib diperhatikan dari calon officer selain lulus tes penerimaan kadet di PT. Meratus Line adalah bebas alkohol dan narkotika, vaksin yellow fever, tekad dan keinginan mengejar karir pelaut yang baik, dan kepemilikkan dokumen lengkap. Dari bahan yang disampaikan oleh Crewing Manager ini, membuat taruna POLTEKPEL Surabaya tertarik untuk bertanya beberapa hal yang belum dijelaskan. Melihat ketertarikannya taruna POLTEKPEL Surabaya pada kuliah umum daring ini, membuat narasumber pun antusias untuk menjawab semua pertanyaan taruna POLTEKPEL Surabaya yang diajukan.

Banyak pesan yang diharapkan dapat memotivasi taruna di penghujung kuliah umum daring. Pesan yang disampaikan mengajak taruna POLTEKPEL Surabaya untuk selalu melatih mental dan mengubah mindset menjadi lebih berpikiran positif untuk memunculkan rasa bangga dari orang tua maupun diri sendiri.

Comments are closed.

x