Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714547, 8714643
Capt. Indra Priyatna Bicara Keselamatan Pelayaran di Depan Ratusan Taruna POLTEKPEL Surabaya

Capt. Indra Priyatna Bicara Keselamatan Pelayaran di Depan Ratusan Taruna POLTEKPEL Surabaya

Rabu (20/03/2019) pagi taruna POLTEKPEL Surabaya dengan antusias berkumpul di ruang Auditorium POLTEKPEL Surabaya. Mereka bersemangat untuk mengikuti kegiatan kuliah umum yang mengambil tema “Kelaiklautan Kapal dalam Menunjang Keselamatan Pelayaran”. Kuliah umum ini diikuti oleh 500 taruna Poltekpel Surabaya, dan dihadiri oleh segenap jajaran struktural Poltekpel Surabaya, diantaranya Wadir I, Wadir II, Kasubbag Administrasi Akademik, Kasubbag Administrasi Ketarunaan dan Alumni, serta para dosen Poltekpel Surabaya.

Sebagai narasumber, Capt. Indra Priyatna, menjelaskan tentang berbagai macam prosedur keselamatan yang harus dipenuhi bagi kapal dalam berlayar. Keselamatan dan keamanan angkutan perairan adalah kondisi terpenuhinya kelaiklautan kapal dan kenavigasian. Kelaiklautan kapal yang harus dipenuhi setiap kapal meliputi antara lain: keselamatan kapal, pencegahan pencegahan pencemaran dari kapal, pengawakan kapal, garis muat kapal dan pemuatan, kesejahteraan awak kapal, status hokum kapal, manajemen keselamatan dan pencemaran dari kapal dan manajemen keamanan kapal. Sedangkan dari sisi kenavigasian, keselamatan pelayaran dimaksudkan kegiatan yang meliputi segala sesuatu yang bekaitan dengan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), Telekomunikasi Pelayaran (Telkompel), Hidrografi dan Meteorologi, Alur dan Perlintasan, Pengerukan dan Reklamasi, Pemanduan, Penanganan Kerangka Kapal, Salvage dan Pekerjaan Bawah Air untuk kepentingan keselamatan pelayaran.

Menutup pemaparannya, Capt. Indra mengharapkan para pelaku di bidang pelayaran harus paham dan timbul kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran, patuh dan melaksanakan kelaiklautan kapal dan kenavigasian, serta harus mampu menegakkan prinsip-prinsip keselamatan pelayaran sesuai dengan bidang dan keahlian kita masing-masing. Beliau juga mengharapkan kita semua dapat berkontribusi dalam mewujudkan keselamatan pelayaran melalui zero accident.

Comments are closed.