Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999 (WA), 082141152747
Dinas Kesehatan Kota Surabaya Beri Sosialisasi Wabah Virus Corona Kepada Taruna POLTEKPEL Surabaya

Dinas Kesehatan Kota Surabaya Beri Sosialisasi Wabah Virus Corona Kepada Taruna POLTEKPEL Surabaya

Pembicaraan masalah Virus Corona yang sedang menjadi trending topic dunia, membuat World Health Organization (WHO) dan lembaga kesehatan tiap negara bekerja keras untuk mencari solusi dalam menanggulangi bahkan mengobati pasien yang telah terjangkit virus corona atau 2019-nCoV. Salah satunya adalah kegiatan sosialisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya kepada taruna/i Politeknik Pelayaran Surabaya (12/02/2020) dengan narasumber dr. Ponconugroho selaku Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi. Hampir semua taruna/i POLTEKPEL Surabaya terkecuali yang sedang menghadapi UAS, diwajibkan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut di Gedung Auditorium POLTEKPEL Surabaya.

Tujuan dari sosialisasi yang dilakukan oleh Dinkes Kota Surabaya ini selain untuk mengenalkan apa itu virus corona dan pencegahannya, mereka juga menghimbau agar kehidupan taruna/i di lingkungan POLTEKPEL Surabaya lebih menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat tidak hanya dari olahraga, namun kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan taruna/i dalam hubungan kontak langsung, seperti mencuci tangan sebelum makan, menggunakan peralatan makan, bahkan penggunaan masker saat sedang berkontak langsung dengan orang lain yang sedang mengidap Flu, karena penularan virus corona ini melalui media udara. Terserangnya 2019-nCoV, tidak mengenal usia. Namun yang sangat menjadi perhatian adalah lansia dan anak-anak dibawah balita.

Seperti apa yang telah dikatakan oleh dr. Ponconugroho, bahwa virus corona yang pertama kali terjadi di Wuhan, Cina ini mirip dengan virus SARS atau pun MERS yang pernah menjadi puncak berita pada beberapa tahun yang lalu. Wabah yang berasal dari hewan kelelawar ini menularkan virusnya dari daging yang dikonsumsi oleh manusia, hal ini dapat ditransmisikan ke tubuh manusia. Penelitian yang dilakukan oleh China Life Sciences pun masih belum bisa mengidentifikasi secara pasti penularan dan pola klinis dari virus corona.

Rawannya area Indonesia yang telah diapit oleh negara-negara yang telah positif terjangkit virus 2019-nCoV ini, Kota Surabaya sendiri telah berusaha dan berupaya dalam pencegahan dengan meningkatkan edukasi, sosialisasi baik langsung maupun edaran yang disebarkan, bahkan telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dalam penapisan penumpang. Dinkes Kota Surabaya menghimbau pula kepada taruna/i POLTEKPEL Surabaya yang sedang mengalami masa berlayar (PRALA) di luar Negara Indonesia, harus sangat berhati-hati dan mengantisipasi penularan dengan cara cek kesehatan pada saat turun kapal seselesai mereka PRALA.

Adapun masukan dari dr. Ponconugroho kepada Unit Layanan Kesehatan POLTEKPEL Surabaya ini menambahkan titikĀ  fasilitas wastafel agar setelah kegiatan apapun yang telah dilakukan oleh taruna/i, dapat diupayakan tetap dalam keadaan bersih.

Comments are closed.

x