Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999 (WA), 082141152747
Direktur POLTEKPEL Surabaya Tutup Pengabdian Kepada Masyarakat Di Labuan Bajo

Direktur POLTEKPEL Surabaya Tutup Pengabdian Kepada Masyarakat Di Labuan Bajo

Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) dan didukung Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya mendorong sinergi antara pembangunan infrastruktur di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan kehadiran Wirausahawan Kriya yang produktif. Hal ini dirasa amat perlu untuk menunjang pariwisata di wilayah tersebut.Pengabdian kepada Masyarakat berbalut Pelatihan bidang Wirausaha baru semacam ini, diselenggarakan Kementerian Perhubungan di 5 destinasi pariwisata super perioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Likupang, Labuan Bajo dan Mandalika. Dengan program pembinaan kerajinan rakyat yang berfokus pada bahan baku wastra, kayu, dan kerang.

Labuan Bajo sebagai lokasi Wisata Super Prioritas menjadi salah satu tempat Pelatihan Wirausaha Baru bagi Para Pengrajin pada daerah wisata Labuan Bajo dan sekitarnya, yang diselenggarakan mulai tanggal 31 Oktober sampai dengan 4 November 2020 di Hotel La Prima Labuan Bajo. Pelatihan ini diikuti oleh 58 peserta dari wilayah Labuan Bajo dan sekitarnya dan digelar di Hotel La Prima Labuan Bajo. Pelatihan dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas kriya wastra, wastra home decore, jumputan, patung dan kerang. Masing-masing kelas berisi sekitar 12 peserta yang berasal dari unsur pengrajin dan TNI/POLRI. Seluruh kelas pelatihan dimentori langsung oleh para anggota Dekranas pusat. Selama pelatihan seluruh peserta difasilitasi dengan berbagai peralatan kerajinan, akomodasi, konsumsi, masker, face shield dan hand sanitizer yang ditanggung oleh Kementerian Perhubungan.

Setelah melakukan pelatihan selama 5 hari berturut-turut, seluruh hasil kerajinan dari masing-masing kelas pelatihan dipamerkan di acara Penutupan Pelatihan Wirausaha Baru bagi Para Pengrajin di Daerah Wisata Labuan Bajo dan sekitarnya pada Rabu (4/11/2020) sore. Dalam acara yang dihadiri oleh Direktur POLTEKPEL Surabaya, Capt. Dian Wahdiana, MM, yang mewakili BPSDM Perhubungan dan Kepala UPBU Komodo, Bapak Ketut Gunarso, yang mewakili Dirjen Perhubungan Udara, juga diberikan penghargaan bagi para pelatih dan peserta terbaik dan aktif dari masing-masing kelas pelatihan.

Direktur POLTEKPEL Surabaya diberi daulat untuk menutup kegiatan pelatihan wirausaha baru ini. Dalam sambutannya, Capt. Dian mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dan selalu bersemangat dalam menciptakan hasil karya yang luar biasa. “Dengan diadakannya pelatihan Wirausaha baru bagi para Pengrajin ini diharapkan dapat meningkatkan mutu yang lebih baik lagi sehingga bisa menjadikan nilai jual dan nilai ekonomi yang lebih tinggi ke depannya” ujar Capt. Dian. Tak lupa di akhir kesempatan juga dilaksanakan foto bersama masing-masing kelas pelatihan beserta hasil karyanya, dengan tetap menjaga protokol kesehatan. (RA)

Comments are closed.