• Call Us 031-8714673, 8714643
Topwatch Dan Rapat Koordinasi Dewan Pengawas Blu Diatas Kapal Latih “BUNG TOMO”

Topwatch Dan Rapat Koordinasi Dewan Pengawas Blu Diatas Kapal Latih “BUNG TOMO”

2

SURABAYA – Dengan mengambil rute jalur pelayaran Tanjung Perak-Surabaya, Kamis (26/4/2018), telah diadakan dua agenda kegiatan diatas KL. Bung Tomo yaitu Topwatch Taruna Pra Prala dan rapat koordinasi tim Dewan Pengawas BLU dengan jajaran managemen dalam pembahasan anggaran POLTEKPEL Triwulan I. Topwatch dilakukan oleh para Taruna Pra Prala untuk menunjang pembelajaran kompetensi, kemampuan, dan keahlian taruna dalam pengoperasian kapal. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 07.30 pagi, Tim POLTEKPEL Surabaya berangkat dari kampus menuju pelabuhan Tanjung Perak dimana “Bung Tomo” bersandar. Setibanya diatas kapal rombongan disambut oleh para kru KL. Bung Tomo. Dalam Kegiatan tersebut para taruna belajar membuat Passage Plan persiapan kapal akan berlayar, cara berolah gerak kapal yaitu kapal lepas sandar, kapal di alur pelayaran, dan kapal sandar. Agar menjadi pelaut yang handal para taruna juga mempelajari Sistem Perpelampungan (IALA Maritime Vouyage System) pada saat kapal di alur pelayaran dan belajar menggunakan alat-alat navigasi diatas kapal serta belajar secara langsung bagaimana menentukan posisi, membaring benda dan matahari.

3

Diharapkan dengan adanya kegiatan Topwatch di kapal latih, taruna lebih familiar dan memahami cara berolah gerak kapal yang selama ini dipraktekan di simulator. Pelatihan secara langsung dikapal juga menyiapkan para taruna agar lebih mantap dan siap ketika akan melaksanakan prakter berlayar.

Agenda kegiatan kedua diatas “Bung Tomo” adalah rapat koordinasi Dewan Pengawas BLU. Acara yang diawali dengan pengarahan dari Direktur POLTEKPEL Surabaya, Capt. Heru Susanto, M.M. membahas banyak hal terkait evaluasi pelaksanaan anggaran Triwulan I. Selain daripada itu rapat koordinasi juga membahas upaya peningkatan pemanfaatan aset dan peningkatan kerjasama dengan perusahaan pelayaran. Rapat koordinasi ini dipandang perlu sebagai evaluasi kinerja untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia POLTEKPEL Surabaya. Dalam rapat tersebut juga dibahas POLTEKPEL Surabaya menjadi salah satu nominasi untuk penilaian pelayanan prima unit pelayanan publik di sektor transportasi tahun 2018. Acara ditutup dengan foto bersama diatas kapal latih Bung Tomo.

Comments are closed.