Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999 (WA), 082141152747
Jadi Bintang Idola Di SIPENCATAR POLTEKPEL Surabaya 2020 : Jurusan Transportasi Laut

Jadi Bintang Idola Di SIPENCATAR POLTEKPEL Surabaya 2020 : Jurusan Transportasi Laut

Program Diploma-IV (D-IV) dengan 4 jurusan di Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya akhirnya resmi diizinkan oleh KEMENRISTEKDIKTI di tahun 2019 lalu. Jurusan yang ditawarkan di program  D-IV, sama dengan jurusan di program D-III, hanya saja mengalami sedikit perbedaan nama jurusan dan bertambahnya satu jurusan baru yang khusus untuk program D-IV dan satu-satunya jurusan yang dapat menerima pendaftar dari lulusan SMA/Sederajat bidang IPS atau sejenisnya. Adapun jurusan yang ditawarkan oleh program D-IV, yaitu :

  • Teknologi Rekayasa Pengoperasian Kapal / D-IV Nautika
  • Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal / D-IV Teknika
  • Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal / D-IV ETO Pelayaran , dan
  • Transportasi Laut

Sebagai jurusan termuda di POLTEKPEL Surabaya, ternyata jurusan Transportasi Laut (transla) tidak sepi peminat. Adanya jurusan transla, tentunya juga menjadi kesempatan emas bagi adik-adik SMA/Sederajat berlatarbelakang IPS dapat terjun ke bidang pelayaran, meskipun untuk lulusan transla nantinya tidak berkutik terus-menerus didalam kapal seperti 6 jurusan lainnya. Jurusan transla bertujuan untuk mencetak pribadi yang mampu menguasai pemasaran dan pengelolaan administrasi bisnis pelayaran. Lingkungan kerja dari lulusan transla, juga tidak hanya berada di pelabuhan. Melainkan mereka dapat pula berkontribusi pada perusahaan yang menangani bisnis pelayaran, logistik, hingga ekspor-impor. Peran transla termasuk komponen penting dalam bidang pelayaran untuk membantu dalam pengelolaan dokumen.

Gambaran prospek dan gaya kerja dari transla ini-lah yang menjadi incaran para lulusan SMA/Sederajat bidang IPS. Bahkan di kegiatan SIPENCATAR 2020 ini, jurusan transla menjadi “bintang idola” di POLTEKPEL Surabaya. Dari 3 jalur pendaftaran SIPENCATAR 2020 yaitu Reguler POLBIT, Reguler Non-POLBIT, dan Non-Reguler (Mandiri), jika dikalkulasikan peminat jurusan transla menempati posisi paling atas dibandingkan jurusan Nautika, Teknika, dan ETO Pelayaran yang sebagai jurusan senior di POLTEKPEL Surabaya.

Jurusan transla di Tahun Ajaran 2020/2021 ini laku keras dipilih oleh para calon pendaftar. Hampir 50% dari total pendaftar SIPENCATAR di POLTEKPEL Surabaya memilih transla sebagai tempat mereka melanjutkan pendidikan pelayaran. Jurusan yang mayoritas diminati kaum hawa ini pada kenyataannya, pendaftar jurusan transla tidak hanya dari bidang IPS. Latar belakang IPA pun banyak yang memilih transla untuk mereka berlabuh. Dengan sifat jurusan transla yang open all, kesempatan adik-adik SMA/MK/MA pun lebih luas. Tentunya ini atas kerja keras seluruh sivitas akademika POLTKEPEL Surabaya, terutama Ketua dan Staf jurusan Trasnportasi Laut yang mampu memperkenalkan Transportasi Laut dengan cepat. (DW)

Comments are closed.