Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714673, 8714643
Lomba Jurnal Ilmiah Antar UPT BPSDM Perhubungan

Lomba Jurnal Ilmiah Antar UPT BPSDM Perhubungan

Rangkaian kegiatan Pekan Kesamaptaan Pegawai BPSDM Perhubungan tahun 2018 dilakukan berbagai terobosan. Salah satunya penyelenggaraan lomba jurnal ilmiah bagi berbagai UPT di bawah BPSDM Perhubungan pada Sabtu (24/11/2018) lalu di Aula POLTEKBANG Surabaya.

Setelah dua hari sebelumnya, para dosen/peneliti diberikan pembekalan dalam acara Bimtek Penulisan Karya Ilmiah dan Jurnalistik, setiap UPT juga telah mempersiapkan jurnal ilmiah terbaik yang diikutkan dalam perlombaan ini. Sebanyak 13 jurnal ilmiah dari 9 UPT dibawah BPSDM Perhubungan mengikuti perlombaan ini.

 

Seluruh jurnal ilmiah terbaik dari masing-masing peserta lomba direview oleh 7 juri yang sudah sangat ahli di bidang review penelitian. Penilaian yang dilaksanakan seusai gelaran Bimtek penulisan karya ilmiah tersebut, dipimpin oleh Dr. Ir. Budi Mulyawan, dan juri-juri lainnya. Diantaranya Dr. Ashwin Sasongko Sastro Subroto, M.Sc., Ir. Tri Achmadi,Ph.D.,Prof. Dr.Ir. Agus Taufik M., Prof. Sigit Priyanto, Renendra Dangin, M.Sc., Dr. Ir. Agus Santoso, M.Sc.

Dalam perlombaan yang kali pertama dilaksanakan dalam acara Porseni Pegawai BPSDM Perhubungan, Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun berhasil meraih juara 1 Lomba Penulisan Jurnal Ilmiah di lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2018. Sebagai UPT yang terbilang masih baru didirikan, prestasi API Madiun ini terasa sangat spesial. Karena API Madiun berhasil mengalahkan berbagai UPT yang lebih lama didirikan. Juara 2 diraih oleh ATKP Makasar, dan juara 3 diperoleh PIP Semarang.

Sesaat setelah pengumuman pemenang, perwakilan reviewer yang hadir memberikan tanggapan terhadap masing-masing jurnal yang dinyatakan terbaik dari yang terbaik. Pada kesempatan tersebut para juara juga mendapat bonus hadiah sebuah buku karya Dr. Aswin Sasongko Sastrosubroto, termasuk tandatangan penulis. Beliau berpesan agar para peneliti terus semangat meningkatkan kualitas penelitiannya yang dituangkan melalui karya-karya ilmiah.

Ke depannya, perlombaan semacam ini akan semakin digalakkan. Hal ini tak lepas sebagai upaya BPSDM Perhubungan dalam membina UPT dibawahnya agar dapat melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dengan semangat berinovasi melalui karya ilmiah yang termuat dalam jurnal nasional terakreditasi, atau bahkan jurnal internasional.

Comments are closed.