Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999 (WA), 082141152747
Masuk Pada Era Teknologi , Taruna POLTEKPEL Surabaya Dipekenalkan Revolusi Industri 4.0

Masuk Pada Era Teknologi , Taruna POLTEKPEL Surabaya Dipekenalkan Revolusi Industri 4.0

Industri pelayaran dunia berkembang dengan pesat, mengikuti perubahan era pada Revolusi Industri 4.0 . Tingkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia dituntut untuk mampu bersaing dengan SDM asing, terutama bidang pelayaran yang menjadi tujuan taruna/I Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya yang nantinya menjadi penerus pelaut Indonesia. 

Kuliah umum (30/01/2020) yang membahas Revolusi Industri 4.0  disampaikan oleh  Bapak Ajiph Razifwan Anwar dan Bapak Ranendra Dangin membahas mengenai Port Management atau Kepelabuhan dan Kebutuhan SDM pada transportasi, khususnya transportasi laut.  Terdapat dua komponen utama dalam transportasi laut yaitu pelayaran yang sebagai anggota laut dan pelabuhan. Kebutuhan, pelabuhan, kapasitas yang perlu dipersiapkan, teknologi, dan rancangan layout pelabuhan menjadi hal yang dibahas dalam port management.

Indonesia memiliki 2400 lokasi pelabuhan dan hampir ditiap 40 km terdapat pelabuhan. Peran pelabuhan yang melayani kapal, sebagai jalan keluar-masuk dari muatan ke dalam kapal, dan harus mendistribusikan barang maupun penumpang, membuat pelabuhan merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung perekonomian. Berkembangnya hal teknik dalam pelabuhan, dapat menandakan bahwa pelabuhan itu telah berkembang. Dalam menangani pengoperasian muatan, kedepannya tidak lagi menggunakan tenaga manusia melainkan mesin. Secara konvensional, teknologi muatan dengan container atau petikemas merupakan wujud perubahan teknologi. Sebelumnya, muatan yang masuk kedalam kapal diangkut dengan satu tataan yg diangkut dengan jaring.

Dengan adanya peralihan kerja teknologi, manusia dituntut untuk menjadi lebih berkualitas dan seimbang dengan kemajuan teknologi. Tidak mudah dalam meciptakan SDM yang mempu mengimbangi era digital, periu adanya SDM yang mahal pada suatu negara demi menyetarakan dengan revolusi industri. karena dalam satu perubahan, pasti didapatkan komponen ekonomi. Pada ujung kegiatan kuliah umum Bapak Ajiph Razifwan Anwar   dan Bapak R. Dangin mengajak taruna/i POLTEKPEL Surabaya untuk terus belajar dan harus menciptakan kepribadian yang unggul dan berkualitas di bidang transportasi laut.

Comments are closed.