Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999, 082141152747
Peringatan Sumpah Pemuda Ke-91, “BERSATU KITA MAJU” Didengungkan

Peringatan Sumpah Pemuda Ke-91, “BERSATU KITA MAJU” Didengungkan

Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan dengan Senin (28/10/2019) lalu di Lapangan Plaza Poltekpel Surabaya. Wakil Direktur (Wadir) III, Ferry Budi Cahyono, ST, MM, hadir mewakili Direktur POLTEKPEL Surabaya, bertindak sebagai inspektur upacara.

Kegiatan upacara kali ini merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, yang diikuti oleh segenap civitas akademika POLTEKPEL Surabaya. Diantaranya para pegawai ASN yang mengenakan seragam Korpri, karyawan Non ASN dan para peserta diklat serta taruna yang mengenakan seragam PDH.

Acara diawali dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi instrument lagu “Indonesia Raya” oleh tim korsik taruna POLTEKPEL Surabaya. Selanjutnya Wadir III membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara. Berikutnya, beliau membacakan sambutan resmi dari Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam sambutannya, disebutkan tema yang diangkat pada peringatan Sumpah Pemuda kali ini adalah “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, utamanya para pemuda Indonesia, agar mampu bersaing dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia melalui persatuan dan kesatuan bangsa. Jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dibacakan Teks Pembukaan UUD 1945 serta Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh perwakilan taruna POLTEKPEL Surabaya. Pada upacara peringatan Sumpah Pemuda kali ini juga dinyanyikan lagu nasional “Bangun Pemudi Pemuda” oleh seluruh peserta upacara

Comments are closed.