Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
  • Call Us 031-8714643, 08113346999 (WA), 082141152747
POLTEKPEL Surabaya Raih Predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)

POLTEKPEL Surabaya Raih Predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan Zona Integritas Tahun 2019 kepada instansi pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Acara ini berlangsung di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12/2019) dan dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan di Indonesia. Salah satunya Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin. Penghargaan tersebut diberikan kepada instansi pelayanan publik yang masuk dalam kategori Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), termasuk instansi pelayanan di lingkungan Kementerian Perhubungan. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo, menyatakan tahun ini terdapat 2400 instansi Kementerian/Lembaga/Daerah yang mengusulkan diri mendapat predikat Zona Integrias menuju WBK/WBBM. Dari daftar tersebut di lingkungan Kementerian Perhubungan, telah disaring menjadi 51 nominator yang sudah dievaluasi oleh penilai nasional dan terpilih 12 unit kerja yang berhasil menyandang predikat sebagai Unit Kerja Penerima Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2019. Diantaranya Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, Balai Kesehatan Penerbangan, Politeknik Pelayaran Malahayati, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Bekasi, Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, Kantor UPBU Kalimarau Berau, Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, dan Politeknik Pelayaran Surabaya.

Dalam sambutannya, Menpan-RB juga menyebutkan bahwa dari hasil evaluasi diketahui adanya komitmen yang kuat dari pimpinan kementerian dan lembaga, pemda (pemerintah daerah), dan seluruh jajaran birokasi untuk berubah ke arah yang lebih baik, lebih bersih, dan lebih memberikan pelayanan yang berkualitas Beliau yakin dengan banyaknya institusi pelayanan yang masuk dalam zona integritas, akan semakin menopang pembangunan kesejahteraan di Indonesia. 

Sebagai salah satu instansi pelayanan pemerintah yang berhasil meraih predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Direktur Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya mengatakan penghargaan ini merupakan hasil upaya kerja keras segenap civitas akademika POLTEKPEL Surabaya dalam melaksanakan program reformasi birokrasi yang telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Terobosan-terobosan yang telah diusung POLTEKPEL Surabaya untuk mewujudkan instansi pelayanan yang bermotto “Pengabdian Kami Melalui Pelayanan Terbaik” memiliki keselarasan dengan sasaran yang ingin dicapai oleh reformasi birokrasi.

Reformasi birokrasi memiliki tiga sasaran yakni birokrasi bersih, akuntabel; birokrasi efektif dan efisien; serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Keseluruhan sasaran tersebut selalu tercermin dalam benak dan perilaku para pegawai dan karyawan POLTEKPEL Surabaya melalui program-program unggulannya, yakni SiPopeye (Sistem Pendaftaran Online Poltekpel Surabaya Oke), Delivery On Time (DOT), POLTEKPEL Surabaya Sayang Mas Perdi (POLTEKPEL Surabaya Sayang Masyarakat dan Peserta Diklat), POLTEKPEL Surabaya Cinta Bu Alinar (Poltekpel Surabaya Cinta Bumi, Alam dan Lingkungan Sekitar), POLTEKPEL Surabaya Punya Peran Sejati (POLTEKPEL Surabaya Punya Pegawai dan Karyawan Sehat Jasmani dan rohani), dan sebagainya.

Comments are closed.

x