Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Layanan Diklat ( WA Only)

08113346999

: info@poltekpel-sby.ac.id 031-8714643 / 8714673 JL. Gunung Anyar Boulevard No.1
Politeknik Pelayaran Surabaya
SHARE :

Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal



Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal

Mendidik peserta diklat agar mampu menguasai konsep teoritis, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan kemudian menganalisa data, Mampu menyelesaikan masalah prosedural, mengelola kelompok kerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri maupun kelompok. Yang paling utama peserta diklat dididik dan dilatih agar memiliki kompetensi sebagai Masinis Jaga Kapal dengan mesin penggerak utama 750 kW atau lebih di wilayah perairan samudera, penanganan dan pengaturan permesinan dalam rangka memperlancar pengoperasian kapal, dan mampu menjadi Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal dibawah 3.000 KW Coastal Voyage. Lulusan akan mendapatkan ijazah D-IV dan sertifikat kompetensi ATT-III

VISI

“Menjadi program studi yang unggul dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang rekayasa permesinan kapal yang bertaraf internasional pada tahun 2025”

MISI

  • Melaksanakan pendidikan vokasi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional, kompeten, berahklak mulia, bertanggung jawab, disiplin dan memiliki integritas yang memenuhi standar nasional dan internasional di bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal.
  • Melaksanakan penelitian terapan yang berkualitas serta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
  • Menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan pemangku kepentingan lain.
  • Melaksanakan pengembangan serta pemeliharaan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan serta terlaksananya sistem administrasi tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel.

TUJUAN

  • Terwujudnya pendidikan vokasi berkualitas yang menghasilkan lulusan yang profesional, kompeten, berahklak mulia, bertanggung jawab, disiplin dan memiliki integritas yang memenuhi standar nasional dan internasional di Bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal.
  • Mewujudkan peran aktif Dosen dan Taruna dalam penelitian terapan yang bermanfaat terhadap pengembangan ilmu pengetahun dan teknologi di bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal yang dipublikasikan serta mewujudkan karya pengabdian masyarakat yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal.
  • Terlaksananya kemitraan yang saling menguntungkan dengan pemangku kepentingan lain.
  • Memiliki fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, serta terlaksananya sistim administrasi tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel.

PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia
2. Maksimal berusia 23 Tahun pada tanggal 01 September 2021
3. Minimal tinggi badan pria 160 cm dan wanita 155 cm
4. Minimal Lulusan SMU/MA Jurusan IPA dan SMK dengan jurusan sesuai pengumuman SIPENCATAR
5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak bertato dan bertindik/terdapat bekas tindikan (bagi pria), bebas HIV/AIDS dan termasuk kesehatan mata dan telinga.
6. Belum Menikah dan sanggup tidak menikah selama proses pendidikan.
7. Surat keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI.
8. Lulus seleksi penerimaan.

PERSYARATAN KHUSUS :
1. SMU/MA Jurusan IPA atau Paket C (IPA)

2. SMA/ MA  sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga, SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pemesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri, SMK Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan.

LAMA PENDIDIKAN
1. Pembelajaran di kelas, praktek di laboraturium/simulator/bengkel/kapal latih selama 3 tahun
2. Bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (D-IV TRPK) mengikuti praktek berlayar (onboard training) selama 1 tahun

BIAYA PENDIDIKAN SAMPAI LULUS :